post image

Road To Big Blue – Part 1

Nov 19, 2010 Muhammad Panji

Rabu, 10/11/10 hampir jam empat sore lagi menyepi di lab 2 tau-tau dapet telpon dan ini kali pertama dapet telpon depannya +60. eh ini siapa ya yang telpon? perasaan tetangga atau sodara gw gak ada yang jadi TKI 🙂 gw angkat dan eng ing eng. dari Big Blue. ngundang untuk tes hari jumat sore. Gw sempet tanya “this friday?” dan mencoba untuk merayu ganti jadwal karena gw ngrasa terlalu mepet dan jumat kemarin lab juga pas dipinjem sama universitas. tapi ternyata nggak bisa nego, Jadwalnya harus hari itu pilihannya jam 3 atau jam 4. Ah itu same aje. Sempet berpikir beberapa detik dan akhirnya “Ok, I’ll attend the test this friday”. Setelah say goodbye sama Ms Lilaj, sempet jingkrak-jingkrak bentar di lab 2. OMG, It’s Big Blue. Alhamdulillah setelah sekian kali, mungkin 2,3 atau 4 kali apply online akhirnya lolos juga. 4 kali bukan berarti empat posisi lho ya. tapi empat kali apply dan sekali apply biasanya nyoba untuk posisi yang sama di beberapa negara sekaligus dan selalu mendapatkan surat cinta “We’re sorry bla bla bla”. Masih gak percaya dapet telpon dari Big Blue dan senyum senyum sendiri. dan seperti biasa telpon nona yang satu ini, Cerita kalau dapet telpon dari Big Blue dsb. Habis nutup telpon masih sedikit shock dan mencoba cari tahu +60 itu kode negara mana, kirain Singapore ternyata Malaysia. Entah kenapa yang telpon dari Malaysia dan diforward ke HRD di Indonesia.

Kamis
Menyengaja berangkat siang karena mau ambil laundry yang harusnya diambil rabu malam. sampe sana
“Mas maaf belum jadi, belum sampai urutannya”
“Kya?” (dalam hati)
“lho mbak kan harusnya kemarin sore jadi”
“Iya mas tapi ini belum urutannya. Nanti malem selesai mas”
“Wah jangan malem mbak, sorean ya mbak. jam 2 jam 3 gitu?”
“iya deh mas”

Pagi yang indah ternodai oleh laudry yang belum selesai. kembali ke kost dengan tangan hampa. nyetrika baju dan celana untuk hari itu, terpaksa pake batik dan sempat diprotes @dhienzone, “Mas Panj pake batiknya itu hari jumat….”, meskipun dia tau kalau gw pake baju rapian dikit atau pake batik tanda-tanda anak kost kehabisan baju 😀

Mampir tawang dulu cari tiket kereta, ketemu liat probie yang jarang mandi ini di Tawang tapi dia gak liat gw, ya sudah saya berlalu 🙂 nyampe kampus cari info tentang Big Blue baca-baca tentang tes apa yang besok harus dihadapi. ini tes tulis dan bukan interview dan di email ditulis disuruh bawa kalkulator, dan dikasih keterangan “Normal one will do”, ini kalkulator istilah guru SMA gw kalkulator bakul, bukan kalkulator scientific maksudnya 🙂 dan jam 4 pun tiba, saatnya pulang siap-siap, udah mau pulang baru inget belum buat sharing dan belum mbuka internet lab 3 dan 2. balik lagi ke kantor ngeset sharing yang terpaksa harus read-write dan buka internet lab 3 dan 1 + nyabut kabel di switch, ngasih tau @dhienzone dan pulang 🙂

Pulang mampir laundry dan Alhamdulillah udah selesai. milih-milih mana baju yang mau dibawa (kalau-kalau harus nunggu sampe senin atau selasa), mandi dan shalat maghrib dan jalan-jalan sore dulu 🙂 Pulang jalan-jalan sore mampir warteg dan persiapan akhir sebelum ke stasiun balapan tawang.

Nyampe tawang jam setengah sepuluh kurang dikit. kereta berangkat jam 10 kurang seperempat, ada band keroncong yang konser ditawang malem itu. keren juga. “Maaf mas, om, pakdhe ndak bisa nyawer banyak kemarin”. Ternyata kereta datengnya telat jam 10 baru masuk tawang.

Di kereta tidur bangun tidur bangun tidur bangun dan jam 7 nyampe juga di stasiun pasar senen. Mandi di stasiun, sarapan lontong balap sayur, dan berangkat mencari warnet. muter-muter gak ketemu akhirnya menuju arah timur, ke rawamangun, dulu lima bulan di jakarta taunya ya cuma daerah deket rumah mas Amad di rawamangun. ngenet dari jam 9 sampe jam 11. nemu blog menarik tapi besok aja deh diceritainnya, lumayan untuk hiburan sebelum tes.

Jam 11 kembali ke senen, jumatan, nyampe jam 12an dan ternyata penuh sesak, shalat di trotoar depan masjid 🙁 tau gitu berangkat lebih gasik tadi. Selesai jumatan ganti baju dan cari bis ke Thamrin. Mencoba sok tau masuk terminal liat bis yang ada tulisannya Thamrin atau HI dan ternyata gak ada. kembali ke depan terminal pas ada bis ada tulisannya Thamrin. entah jurusan mana tapi lewat Sudirman juga, kalau dari rawamangun biasanya naik jurusan tanah abang.

Sampailah di Thamrin, karena kantor Big Blue diatas Plaza Indonesia, dan masih jam 2 kurang mampirlah gw ke Plaza Indonesia dulu, pengen cari KFC untuk maksi. jalan dari ujung ke ujung kok gak ada KFC, McD pun gak ada, akhirnya tanya security, dan ternyata yang ada cuma American Warteg. yasud lah daripada laper, tau gitu tadi cari warung di senen ajah 😀

Selesai makan naik ke lantai 16, Alhamdulillah naik lift coba kalau naik tangga kayak di FE pulang-pulang kurus. ngisi form application Big Blue dan menanti. pas gw ngisi didepan gw kayaknya ada yang ngisi untuk anak perusahaan Big Blue yang bulan juli lalu gw pernah Interview sama Pak S Handoyo dan gak lolos :D.

“Oh jadi cuma gw yang tes hari ini”, mencoba menenangkan diri.

Akhirnya Mbak kiki pun datang dan ternyata mas-mas di kursi seberang pun ikut tes juga. Naik ke lantai 18 ketemu Mbak Lita, dan ternyata masih harus nunggu satu orang lagi. Tapi penderitaan pra-tes belum berakhir, ngobrol-ngobrol dengan mas-mas yang lain ternyata yang satu ODP-IT salah satu bank pemerintah sudah bulan ke-6, yang satu bagiannya entah apa di salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia yang gw juga pernah tes di kantor Surabaya, yang satunya di….mmmm…. apa ya nyebut jenis perusahaannya, just say konsultan IT lah, perusahaan ini bagian dari salah satu grup perusahaan besar, dan…. dia lulusan ITB. Antara bangga tes bareng sama orang-orang pinter tapi minder juga. Untung gw sering minum tolak angin, harusnya sih jadi orang pintar 😀

Tes yang dijalani IPAT, kurang lebih kayak psikotest plus tes intelligence, karena posisi yang gw lamar membutuhkan banyak belajar dan catch-up dengan teknologi baru jadi harus dilihat seberapa cepat para pelamar ini bisa belajar. ada tiga bagian yang pertama matrix 13 menit, yang kedua deret 4 menit, yang terakhir matematika, soal cerita gitu 15 menit. jadi total setengah jam lebih sedikit dan gw nunggu dari jam 7 pagi 😀

Katanya sih pekan ini (yang berarti hari ini hari terakhir) masih ada yang ikut IPAT, dan siapa aja yang lolos akan diumumin setelah semuanya selesai, which means maybe next week. Sebenernya dipanggil untuk tes aja udah seneng banget, dari sekian banyak peserta (entah berapa jumlahnya karena Mbak Lita ndak mau mendisclose jumlah pesertanya berapa) paling satu, dua atau tiga yang gak punya ijabsah ijasah Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Teknik Elektro atau jurusan lain yang berkait dengan komputer. So, it’s an hounour:)

Selesai tes langsung ke gambir, antri tiket dari jam setengah 6 an, dan setengah 7 baru ngeh ternyata loket dibuka jam 7. “Ngeek, pantes aje dari tadi gak maju-maju”. Jam 7 pun diundur jam 8 dan setelah antrian berjalan kurang lebih 5-6 orang didepan dapet tiket terakhir 🙁 terpaksa cari tiket submisi (submisi atau apa ya namanya? intinya sama ngesot dikereta :D).

Ketika semua masih sibuk cari kursi dan naroh tas, mbak-mbak didepan tanya :
“Mas nya dapet tiket berdiri juga?”,
“Iya”
“Turun mana mas?”
“Semarang. mbaknya?”
“Semarang juga, harusnya ke jogja tapi tadi gak dapet tiket”
“Oooo, lha kok gak naik taksaka aja tadi mbak, kan sama aja to gak dapet tempat duduk juga”
“Sebenernya tadi dari Pontianak mas, mau ke Jogja tapi pesawat ke Semarang, lha karena ada trouble jadi Ke Jakarta, dan udah terlanjur dijemput di Semarang”
“Oooo…..”

Anyway, mbaknya manis juga tapi ndak semanis Geet Kaur Dhillon dan gak secerewet Geet tentunya 🙂

Setelah keramaian cari tempat duduk dan naroh barang selesai rombongan ngesot pun bisa duduk. karena gw ada di sisi kiri yang kecil jadi gak mungkin dong mbaknya dideket gw, dan ada diseberang disebelah mas nya yang tadi satu tiket submisi sama gw. Belum lama duduk ada bapak-bapak yang baik hati mencarikan tempat duduk. entah direstorasi atau dimana.

Jam dua pagi lagi enak-enak tidur (jadi meskipun ngesot tetep aja tidur pules) mas-mas disebelah towel2 dan bilang banjir2. gw ngeliat koran yang dipake si mas udah basah. nglirik ke kiri ada genangan air yang siap mengalir kedepan dan ke arah gw yang ada dibelakang. langsung mindahin tas dan pegang bagian bawah.

“Fyuhhh, Alhamdulillah gak basah”, langkah kedua pegang pantat celana dan gak basah juga. Ternyata yang jadi korban majalah KA yang tadi tak jadiin alas. Karena airnya masih banyak ambil majalah KA di seberang untuk alas duduk 🙂 habis itu ya merem lagi ^_^

Nyampe Tawang jam 5 an. perasaan biasanya jam setengah 4 udah nyampe deh. tapi ya sudah. dan hari sabtu seharian merapel tidur dan capek yang tertunda 🙂

Masih menanti kabar telpon dari Mbak Lita. Semoga lolos!

Similer Post

post image
Masih Banyak Orang Baik di Jakarta

Dua hari lalu seperti biasa pulang kerja nge-grab dulu ke semanggi untuk nunggu bis. Karena udah lewat setengah 8 bis dari Gajah Mada udah habis jadi nunggu bis dari arah blok M. Supaya kebagian duduk jalan ke belokan semanggi arah blok M. Ada motor dari arah grogol yang berhenti di deket tempat gw nunggu bis, ini sebenernya hal biasa kadang ada driver ojek online yang berhenti disitu untuk kontak pelanggannya, kadang ada yang bingung gimana cara muter kalau mau ke arah blok M naik motor dan banyak hal lain. Gak berapa lama ada orang lain yang nuntun motornya dan di tanya sama mas yang udah berhenti duluan tadi.

post image
Selected Papers in Network and System Administration

Yesterday morning I found Selected Papers in Network and System Administration, you can also Look Inside the book in Amazon. I found some interesting titles from the Table of Contents and a user comment that some papers is available online, so google the titles and found most of them. I put links of the papers below. Some papers is not available online (or at least I haven’t found them yet :D). Hopefully this will be useful for fellow systems and network administrator. A Case Study of Network Management (M.K. Fenton). Balancing Security and Convenience (V. Jones and D. Schrodel). Creating an Environment for Novice Users (J.

post image
The Curious Case of TV-IP310PI

Meskipun judulnya bahasa inggris tapi saya mau cerita menggunakan Bahasa Indonesia. Sebenarnya ceritanya panjang tapi singkat cerita kamis lalu IP Camera TRENDnet TV-IP310PO itu pun datang. Kami pun mulai melakukan testing device yang baru datang ini, sebenernya bukan kami tapi lebih tepatnya Rusman melakukan 98% testing, saya membantu yang 2% 🙂 Menurut manual yang bisa diunduh dihalaman Support device ini akan mendapatkan IP dari DHCP Server apabila ada. Apabila tidak ada DHCP server di network, maka IP address IP camera ini akan diset ke 192.168.10.30. Karena dikantor ada DHCP Server mulailah lihat dari server dhcp IP device ini, setelah dilihat dengan seksama ternyata tidak ada.