Menggosipkan SAMSAT Cilacap

SAMSAT, Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap, tempat dimana kira biasanya mengurus perpanjangan STNK, balik nama dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kendaraan bermotor. Saya lebih memilih untuk menghindari kantor tersebut kecuali terpaksa. Jangan salah, bukan berarti menghindari pajak dan sebagainya tetapi saya menghindari birokrasi pengurusan dokumen yang berbelit-belit dan ribet seolah punya semboyan tak tertulis “Kalau bisa dipersulit, kenapa dipermudah?” :) Proses dari mendaftar hingga ke pembayaran memang singkat mungkin 5-10 menit, tetapi menunggu perpanjangan STNK keluar bisa setengah hari. Tapi itu dulu, mungkin 8 tahun yang lalu ketika saya masih SMA saya sempat mengurus perpanjangan STNK ketika libur.

Sekarang? sekarang beda. Tertulis jelas prosedur dan lama pelayanan. Perpanjangan STNK tertulis hanya memakan waktu 30 menit. menurut berita ini karena Samsat Cilacap mengejar ISO 9001 – 2000. Ketika mengurus perpanjangan STNK untuk dua kendaraan motor dan mobil sempat pesimis membaca standing banner yang ada. Proses pendaftaran hingga mengambil no antrian sangat cepat tidak sampai lima menit. kemudian menunggu kurang lebih hampir sepuluh menit sampai ke bagian pembayaran, berarti kurang lebih 15 menit sudah dikonsumsi oleh prosedur. Kebetulan saya mendapat dua nomor antri berurutan karena mendaftarkan perpanjangan STNK secara bersamaan, ketika di loket pembayaran ternyata dokumen mobil belum sampai ke loket, sempat kecewa tetapi ternyata nomor antrian genap dan ganjil dibedakan antara dua petugas di loket pembayaran.

Lima menit berlalu, sepuluh menit berlalu, saya merasa ini pasti lebih dari 30 menit, karena sekarang sudah 25 menit dikonsumsi oleh prosedur. ternyata dua menit kemudian saya mendapat panggilan. Alhamdulillah artinya sesuai standard yang dituliskan bahkan karena saya mengurus dua STNK artinya cuma butuh 15 menit untuk mengurus tiap STNK :)

Goodbye calo STNK dan salut untuk SAMSAT Cilacap. Bagaimana dengan SAMSAT di kota anda?

One thought on “Menggosipkan SAMSAT Cilacap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>